MADIUN – Wisuda refleksi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan. Pun, juga dapat menjadi koreksi manajerial penyelenggaraan pendidikan. Mulai perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan penilaian dari hasil yang telah dicapai. Ini merupakan puncak dan preoses akhir siklus pendidikan.

‘’Pelaksanaan wisuda sebagai puncak dan proses siklus pendidikan. Saya harap ini bukan sekedar seremonial,’’ kata Pj Sekda Pemerintah Kota Madiun Rusdiyanto saat wisuda sarjana Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Widya Yuana Madiun, Sabtu (29/6/2018).

Di era global, kata dia, kompleksitas kehidupan dimasyarakat semakin terbuka. Tingkat kompetisi semakin tajam. Tak heran, peningkatan kualitas pendidikan menjadi sebuah kebutuhan. Tidak ada tawaran lagi bagi penyelenggara pendidikan selain bersaing meningkatkan kualitas pendidikan masing-masing.

‘’Terus tingkatkan mutu pendidikan supaya lulusan mampu bersaing,’’ ungkapnya di Auditorium Kampus STKIP Widya Yuana, tempat wisuda.

Perguruan tinggi dituntut semakin mandiri dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Pj Sekda berharap terus mengedepankan kualitas intelektual yang berkonsep keberagaman. Itu sesuai kondisi bangsa Indonesia yang memiliki kebudayaan, agama, suku yang majemuk.

‘’Paradigma pendidikan jaman now tak hanya sebagai media transformasi budaya. Namun, juga media transformasi pengetahuan,’’ tegasnya sembari menyebut pendidikan yang berwawasan multikultural.

Paradigma multikultural ini diharap dapat mencetak peserta didik yang menghargai dan menghormati perbedaan. Mulai perbedaan etnis, agama, dan budaya masyarakat. Artinya, pendidikan yang mengapresiasi keberagaman budaya. Tujuannya, sebagai respon dampak perkembangan globalisasi dan fenomena konflik etnis, sosial dan budaya.

‘’Akhir-akhir ini muncul konflik etnis, sosial dan budaya. Pemahaman mendalam akan perbedaan penting digalakkan,’’ harapnya.

Pj Sekda mengajak wisudawan untuk selalu menjaga nama baik almamaternya. Selain itu, wisudawan diharap terus mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki. Harapannya, siap terjun dimasyarakat sesuai profesionalisme di bidang pendidikan masing-masing.

‘’Terus jalankan Tridharma Perguruan Tinggi. Semoga keberhasilan yang diraih membuka jalan yang dicita-citakan,’’ harapnya. (nurdiono,adit /diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun