MADIUN – Berdirinya Kota Madiun tak terlepas dari peran para pahlawan dan tokoh. Jasa mereka tentu saja tidak terkira. Kota Madiun memiliki sejumlah tokoh yang cukup berjasa di eranya. Sebagai generasi penerus wajib menghargai dengan selalu mendoakan. Walikota Madiun bersama jajaran sengaja berziarah ke makam mereka setiap peringatan hari jadi. Tujuannya, mengenang jasa sekaligus mendoakan.
 
‘’Madiun memiliki sejarah panjang. Memiliki banyak tokoh dan pahlawan yang turut ambil bagian. Salah satunya yang dimakamkan di Kuncen ini. Sebagai generasi penerus wajib menghargai,’’ kata Walikota Sugeng Rismiyanto usai ziarah makam rangkaian Hari Jadi ke 100 Kota Karismatik Madiun, Jumat (8/6/2018).
 
Makam Kuncen merupakan kawasan bersejarah di Kota Madiun. Terdapat situs petilasan Ki Ageng Panembahan Brubuk Ronggo Djoemeno, Bupati Madiun 1568-1586. Sang bupati meninggal karena tipu daya Kerajaan Mataram. Pemerintahan diteruskan Raden Ayu Retno Doemilah yang tak lain putrinya.
 
Disamping itu, empat tokoh besar lain juga bersemayam dimakam Kuncen. Yakni, Raden Mas Bagoes Petak sebagai Mangkunegoro I di Madiun. Tokoh ini menjabat Bupati Madiun 1601-1615. Kedua, Pangeran Adipati Kenitren Martoloyo sebagai Mangkunegoro II yang menjabat Bupati Madiun 1615-1645. Ketiga, Kyai Irodikromo atau pangeran Adipati Balitar sebagai Mangkunegoro III dan menjabat Bupati Madiun 1645-1677. Terakhir, Pangeran Tumenggung Balitar Tumapel sebagai Mangkunegoro IV dan menjabat Bupati Madiun 1677-1703.
 
‘’Ziaran tentu saja tidak hanya untuk mengenang jasa beliau-beliau ini. Tetapi banyak pelajaran yang dapat dipetik dari apa yang telah beliau-beliau ini perbuat demi kemaslahatan masyarakat. Ini penting sebagai suri teladan,’’ jelasnya.
 
Rombongan lantas bergeser ke Makam Taman. Walikota dan rombongan juga melaksanakan doa bersama dan tabur bunga. Tujuannya sama, mendoakan para leluhur yang banyak berjasa demi Kota Madiun.
 
‘’Kota Madiun memasuki usia 100 tahun ini. Tanpa peran para leluhur ini mustahil Kota Madiun dapat seperti sekarang. Penting kirananya mendoakan para leluhur ini atas jasa yang telah diberikan di eranya,’’ pungkasnya. (lucky/agi/diskominfo).
 
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun