MADIUN – Sebagai bentuk kontribusi BUMN terkait dunia pendidikan, PT. INKA (Persero) dan Politeknik Negeri Madiun menjalin kerja sama. Yakni, penelitian dan pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan unggul.
 
Kerjasama ini dilakukan untuk mewujudkan link dan match antar keduanya. Selain itu, untuk saling menunjang tugas dan kelembagaan masing-masing. PT INKA (Persero) sebagai industri manufaktur sarana perkeretaapian pastinya membutuhkan tenaga yang terampil. Sebaliknya, Politeknik Negeri Madiun sebagai institusi pendidikan siap menyediakan tenaga terampil dan ahli di bidang manufaktur kereta api.
 
‘’Penandatangan MOU Ini merupakan tonggak sejarah baru. INKA akan menjadi pusat penelitian, riset industri perkeretaapian Indonesia dan pusat penyiapan SDM khusus tenaga kerja serta teknologi,’’ jelas Dirut INKA Budi Noviantoro, Jumat (8/6/2018).
 
Menteri Ristekdikti Muhammad Nasir menyebut kerja sama ini merupakan terobosan tepat. Terutama menjawab tantangan masa depan. Transportasi kereta api merupakan salah satu prioritas pemerintah pusat. Tentunya ini membutuhkan tenaga yang cukup banyak. Diprediksi mencapai seribu tenaga setiap tahun hingga 2030 mendatang. 
 
Namun, lanjutnya, tentu sejumlah kendala mengemuka. Salah satunya, ketersediaan tenaga pengajar yang masih terbatas di PNM saat ini. Menteri berharap praktisi teknologi PT INKA dapat tergabung menjadi tenaga pengajar di PNM. Ini cukup memungkinkan lantaran dosen tidak harus berpendidikan S2. Itu mengacu perpres 8/2014. 
 
‘’Ini merupakan satu langkah maju kerja sama antara PT INKA dengan PNM. Dukungan PT INKA di bawah kementrian BUMN sangat luar biasa. Pembelajaran diprogram studi perkeretaapiaan menggunakan sistem 321. Yakni, tiga semester teori dan laboratorium, semester 2 di industri dan 1 semester untuk menyelesaikan tugas akhir,’’ jelasnya.
 
Kegiatan berlanjut penandatanganan MoU oleh Direktur PNM Muhammad Fajar Subkhan, Direktur PT INKA Budi Noviantoro dan Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto yang disaksikan Menteri Ristekdikti M. Nasir dan Menteri BUMN Rini M. Soemarno di aula PT. INKA. (dhevit/tia/diskominfo)
 
 
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun