MADIUN – Kota Madiun memiliki masyarakat yang beragam. Belasan suku tinggal di kota pecel. Begitu juga Agama dan Kepercayaan. Namun, kebersamaan tetap terjalin dalam keberagaman tersebut. Seperti yang terlihat saat Doa Lintas Agama dan Kepercayaan yang di halaman Balaikota Madiun, Jumat (8/6/2018). Masyarakat dari tujuh Agama berbeda dan penghayat kepercayaan menggelar doa bersama. Tujuannya sama, demi kemajuan dan keberkahan Kota Madiun.
 
‘’Kota Madiun dari waktu ke waktu semakin maju dan baik. Ini menjadi berkah bagi semua. Karena baiknya Kota Madiun bukan karena pemimpinnya, tetapi karena upaya dan usaha semua pihak,’’ kata Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto.
 
Pembangunan, kata dia, tidak akan pernah terwujud tanpa kebersamaan. Padahal, Kota Madiun memiliki masyarakat yang beragam. Tak heran, pemkot getol mangajak untuk saling menghormati dan menghargai. Kegiatan doa bersama lintas Agama sengaja dilaksanakan agar masyarakat yang berbeda keyakinan ini dapat semakin menghargai dan menghormati.
 
‘’Mari bersama-sama membangun Kota Madiun yang lebih baik dan baik lagi. Perlu doa dan upaya dari semua pihak,’’ ungkapnya.
 
Kota Madiun, lanjutnya, genap berusia 100 tahun 2018 ini. Tentu banyak yang sudah dilewati. Banyak juga yang sudah dicapai. Namun, tentu juga masih banyak yang belum dapat terwujud. Walikota mengajak semua masyarakat Kota Madiun dari berbagai keyakinan ini untuk terus berdoa dan berusaha. Saling percaya dan menjaga. Tidak mudah terprovokasi dan terus menjalin kerukunan dan kondusifitas dilingkungan masing-masing. 
 
‘’Keamanan penting. Tanpa kondisi yang aman pembangunan tidak dapat berjalan maksimal. Menjaga kondusifitas ini butuh peran serta dari semua pihak, apapun agama dan keyakinanya,’’ ujar walikota.
 
Kegiatan doa bersama lintas Agama rangkaian peringatan 100 tahun tersebut berlangsung khidmat. Satu persatu pemuka Agama secara bergantian memimpin doa di depan. Mulai Agama Konghucu, Hindu, Budha, Khatolik, Kristen, Penghayat Kepercayaan, dan Islam.  (ws hendro/agi/diskominfo)
 
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun