MADIUN – Profesionalis muda semakin banyak di Kota Madiun. Ratusan mahasiswa-mahasiswi Universitas Merdeka (Unmer) setempat melaksanakan wisuda sarjana dan ahli madya, Sabtu (28/4/2018). Rasa haru dan bangga mengemuka saat upacara wisuda Sarjana ke-56 dan Ahli Madya ke-35 itu. Namun, tanggung jawab besar berada dipundak 281 wisudawan dibalik itu.

‘’Sebagai seorang sarjana tentu harus berfikir lebih kritis dan terbuka. Mampu menangkap peluang yang ada, berkontribusi kepada msayarakat, pemerintah, dan negara,’’ kata Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto saat wisuda.

Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) V / Brawijaya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman mengaku bangga sekaligus bahagia. Atas nama Pangdam V Brawijaya menyampaikan penghargaan dan selamat atas keberhasilan wisudawan yang telah menyelesaikan studi di Unmer Madiun.

Fakultas UNMER Madiun, kata dia, memiliki berbagai jurusan bagus. Di antaranya Hukum, Pertanian, Ilmu Sosial dan Politik, Ekonomi dan Teknik. Pangdam, lanjutnya, berpesan kepada sarjana dan ahli madya aktif berkontribusi dalam membangun Kota Madiun.

‘’Tugas dan tanggung jawab telah menanti untuk berkontribusi membangun dan memajukan nusa bangsa dan Kota Madiun khususnya,’’ ungkapnya.

Wisuda menjadi kebanggaan bagi mahasiswa dan orang tua. Sudah banyak alumni Unmer Madiun yang berkontribusi untuk pembangunan di kota pecel. Orang-orang yang mengabdi di Unmer juga banyak yang telah berjasa bagi masyarakat maupun negara. Walikota Madiun salah seorangnya.

‘’Beliau kurang lebih tujuh tahun memajukan Unmer Madiun. Sekarang berkontribusi untuk Kota Madiun,’’ ungkap jendral dengan dua bintang dipundak itu disambut tepuk tangan undangan.

Kodam V Brawijaya dan Unmer Madiun memiliki visi yang sama. Mendidik pemuda berintelektual tinggi, terampil dan bertanggung jawab.

‘’Unmer dan Kodam V Brawijaya memiliki slogan yang sama. Yakni, ‘Bhirawa Anoraga’ yang berarti gagah perkasa, cakap, berilmu pengetahuan namun tetap rendah hati,’’ pungkasnya.

Rektor Unmer Madiun Rahmanta Setiadi mengajak wisudawan untuk selalu menghormati orang tua. Sebab, arahan dan suport orang tua berkontribusi besar dalam meraih cita-cita. Dia berharap wisudawan mampu mengamalkan ilmu yang didapat dalam dunia kerja maupun masyarkat.

‘’Wisuda bukan sebuah akhir. Namun, awal dari tugas dan tanggung jawab baru. Yakni, berkontribusi membangun dan memajukan negara dan Kota Madiun pada khususnya sudah menanti.”harapnya. (adit,luki/diskominfo)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun