MADIUN – Upaya meningkatkan kesehatan untuk masyarakat dan karyawan Pemkot Madiun terus ditingkatkan. Untuk seluruh masyarakat Kota Madiun saat ini ada pelayanan kesehatan Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesmasta) dan untuk karyawan Pemkot Madiun diadakan Pelatihan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) Penyakit Tidak Menular (PTM).

Pelatihan untuk Posbindu ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan KB Kota Madiun. Dan diselenggarakan sejak Selasa- Rabu (13-14/2/2018) untuk pertama kalinya dengan diikuti oleh karyawan OPD se-Kota Madiun.

“Dari dinas akan melaksanakan pelatihan kader Posbindu di setiap OPD,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Edy Harmanto, SKM, M.Kes saat membuka acara tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Madiun dr. Agung Sulistya Wardani, M, M.Kes mengatakan PTM banyak diderita dari pada penyakit menular, jadi perlu adanya pencegahan. “Posbindu untuk upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan penyakit tidak menular beserta akibat yang ditimbulkannya di OPD se-Kota Madiun,” ungkapnya.

Selain itu, Dinkes dan KB juga akan mendapatkan data yang akurat dari setiap OPD se-Kota Madiun untuk memantau kesehatan karyawan Pemkot Madiun. “Dapat memonitor karyawan di setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terhadap Penyakit yang tidak menular,” tutur Wardani.

Kader dari setiap OPD se-Pemkot Madiun diberikan pelatihan mengukur tekanan darah, gula darah dan gejala-gejala lain PTM lainnya. Sehingga karyawan yang menderita PTM dapat terdeteksi sedini mungkin. Selama ini, pelatihan telah berjalan di Dinas Kesehatan dan KB dan untuk masyarakat Kota Madiun dan kemudian dikembangkan dengan cara berinovasi menerapkan Posbindu PTM untuk OPD agar mandiri dalam mendeteksi PTM.

Jenis PTM antara lain hipertensi, penyakit gula (diabetes melitus, atau kanker dan lain-lainnya). Leduanya adaah PTM yang sering diderita tanpa terdeteksi secara dini. Dengan mendeteksi sedini mungkin PTM untuk OPD, pelayanan untuk masyarakat Kota Madiun dapat dengan maksimal. 
(nurdiono,adit/diskominfo)

#100thMadiun
#KotaKarismatikMadiun