MADIUN – Pemerintah Kota Madiun meningkatkan keterlibatan masyarakat Kota Madiun dalam menanggulangi bencana yang berpotensi terjadi di wilayahnya. Perkembangan permukiman dan pembangunan gedung-gedung adalah salah satu penyebabnya.

Kebakaran memang sering disebabkan karena kelalaian manusia. Hal ini diungkapkan oleh Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto, saat membuka kegiatan Penyuluhan Tentang Pencegahan Dan Penanggulangan Kebakaran Bagi Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pkk Dan Takmir Masjid Se-Kota Madiun Tahun 2018, Senin (12/2/2018).

“Sumber penyebab terjadinya kebakaran di karenakan kelalaian manusia itu sendiri,” tutur Walikota.

Perkembangan pembangunan di Kota Madiun juga sangat signifikan. Ini dapat dilihat dari banyaknya kawasan pemukiman dan hotel-hotel berbintang yang ada di Kota Madiun. Ini juga salah satu potensi penyebab dari kebakaran yang terjadi.

“Banyaknya hotel dan gedung bertingkat lainnya juga salah satu potensi kebaran apabila kurang bagus manajemen lingkungannya,” ungkap orang nomor satu di Kota Madiun ini.

Kerugian dari bencana kebakaran dapat berdampak kepada diri sendiri dan orang lain. Api yang tidak terkendali dapat menimbulkan kerugian materi yang besar dan korban jiwa. Sehingga dengan kegiatan ini, bencana kebakaran dapat dicegah seoptimal mungkin.

“(Kegiatan) Ini, upaya kita (Pemkot Madiun) sebagai antisipasi mengurangi bahaya kebakaran,” katanya di Gedung Diklat tempat pelaksanaan kegiatan ini berlangsung.

Peserta penyuluhan ini sebanyak 360 orang yang terdiri dari beberapa unsur masyarakat seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, PKK dan takmir masjid. Semua diharapakan mampu koordinasi dengan aparat ketika terjadi kebakaran.

“Segera lapor kepada petugas, apabila terjadi potensi kebakaran di lingkungan bapak-ibu sekalian,” tuturnya.

Semua peserta yang hadir diharapkan dapat menularkan ilmunya yang didapatkan dari kegiatan ini kepada tetangga dan lingkungannya masing-masing. Sehingga ancaman terjadinya bencana kebakaran di Kota Madiun dapat diantisipasi jauh hari sebelumnya. 
(nurdiono,adit/diskominfo)

#100thMadiun
#KotaKarismatikMadiun