MADIUN – Minimnya sumber daya alam (SDA) di Kota Madiun menuntut Pemerintah Kota Madiun selalu mengembangkan sumber daya manusianya (SDM). Peran serta semua pihak, termasuk pelaku usaha di Kota Madiun untuk turut bertanggung jawab memajukan generasi mudanya.

Hal ini diungkapkan oleh Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto usai meresmikan rehab sekolah dan penyerahan bantuan beasiswa untuk siswa sekolah dasar melalui program CSR Indomart di SDN 02 Klegen, Kota Madiun, Kamis (18/1/2018).

Walikota menyambut baik serta mengapresiasi program CSR Indomaret peduli yang terlibat dalam program tanggung jawab sosial perusahaan ini. “Saya sampaikan terima kasih atas program CSR Indomaret Peduli Berbagi ini. Tanggung jawab pendidikan tidak hanya pemerintah saja, tapi juga merupakan tanggung jawab dunia usaha juga,” tuturnya.

Walikota juga menghimbau kepada dunia usaha dan industri lain di Kota Madiun ini untuk terlibat dalam program-program CSR yang menunjukkan kepeduliannya dalam berbagi, khususnya untuk pendidikan anak-anak Kota Madiun.

Selain menjadi tanggung jawab pemerintah dan dunia usaha, Walikota juga menyatakan alangkah lebih bijaknya jika bidang pendidikan menjadi tanggung jawab dari seluruh masyarakat. Masyarakat yang dimaksud tidak hanya masyarakat secara umum dan masyarakat sekitar lokasi sekolah, namun juga orang tua maupun wali murid.

“Untuk saat ini, Kota Madiun telah memberikan bantuan beasiswa bagi siswa berprestasi dan dari keluarga tidak mampu yang memiliki target hingga 1.000 anak yang dapat memperoleh bantuan beasiswa itu, namun hingga saat ini baru 250 anak yang mendapatkan beasiswa dan itu menjadi pekerjaan rumah dan catatan untuk Bapak Ibu sekalian,” katanya di hadapan tamu undangan yang terdiri dari Branch Manager Indomaret, perwakilan Autan dan Baygon yang juga menjadi sponsor utama, Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, camat, lurah, LPMK, guru, komite sekolah dan siswa yang menerima beasiswa serta orang tuanya.

Untuk awal tahun 2018, rehab sekolah dan beasiswa yang merupakan program CSR Indomaret Peduli Berbagi, Kota Madiun menjadi salah satu dari tiga kota penerimanya. Dua kota lain adalah adalah Yogyakarta, dan Jember.

“Di Kota Madiun untuk penerima beasiswa ada 75 siswa, 25 siswa SDN 02 Klegen dan 50 siswa dari sekolah dasar yang ada di seluruh Kota Madiun. Besaran nominal beasiswanya sebesar Rp500 ribu untuk masing-masing anak,” kata Branch Manager PT Indomarco Surabaya, Suharsan.

Lebih lanjut dikatakannya, tujuan dari program ini untuk membantu perbaikan sarana belajar mengajar siswa dan guru, dan juga salah satu bentuk kepedulian Indomaret terhadap lingkungan dan kontribusi kepada masyarakat sekitarnya.

“Sebagai salah satu ritel yang eksis di Madiun, kami ingin memberi sisa rabat kepada masyarakat apa yang kami dapat selama ini,” pungkasnya.
(kmf)

#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun