Madiun – Pemkot terus memberikan dukungan dan perhatian yang penuh untuk kesehatan masyarakat Kota Madiun dengan memberikan jaminan kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan penduduk di semua usia.

Salah satu indikatornya adalah capaian nol untuk kematian ibu hamil di Kota Madiun pada 2017. Hal ini jadi prestasi tersendiri sebab untuk Provinsi Jawa Timur tercatat terjadi 470 ibu hamil yang meninggal di tahun 2017 dari 19 Kabupaten/Kota. Di 2016, angka kematian ibu hamil di Jawa Timur tercatat 536 kejadian.

“Kota Madiun memberikan kontribusi yang sangat luar biasa dengan nol data kematian ibu hamil di tahun ini,” ungkap Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Vitria Dewi dalam Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan dan KB, Rabu, di Gedung Diklat Kota Madiun, Rabu (10/1/2018).

Vitria mengapresiasi kinerja Kota Madiun di bidang kesehatan ini. Dan memang Kota Madiun telah mendapatkan penghargaan Pakarti Utama yang pertama kali untuk penilaian posyandu mewakili Provinsi Jawa Timur di tingkat nasional yang diterimakan di Kupang tahun lalu.

Kesehatan dan pendidikan merupakan salah satu skala prioritas pembangunan yang tertuang pada RPJMD Kota Madiun. Dan Kota Madiun telah mendapatkan banyak penghargaan dan prestasi yang menjadikan Kota Madiun Kharismatik.

“Biarlah masyarakat luar yang menilai Kota Madiun tentang keberhasilan pembangun kita (Kota Madiun), inilah yang disebut dengan kita memiliki kharimatik,” tutur Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto saat dalam sambutannya.

Dikatakan Walikota, walaupun telah mendapat banyak penghargaan di bidang kesehatan, pembangunan di bidang kesehatan akan terus ditingkatkan. Karena hasil akhir bidang kesehatan bukanlah penghargaan, namun pelayanan kepada masyarakat harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

“Proses yang sesuai aturan, norma-norma, kaidah, dan indikator dapat terlaksana dengan baik,” ungkap Walikota Sugeng Rismiyanto.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Madiun Agung Sulistya Wardani menambahkan, pada 2017 terjadi peningkatan angka harapan hidup di Kota Madiun lebih tinggi dari dan tingkat nasional. Angka harapan hidup di tahun 2017 adalah 72,44 tahun atau naik dari tahun 2016 di angka72,16 tahun.

Meskipun data yang diperoleh oleh Dinas Kesehatan Kota Madiun sudah memuaskan, hal tetap harus dijadikan pemicu bagi semua yang terlibat di bidang kesehatan untuk bekerja lebih baik lagi ditahun-tahun yang akan datang. (Kmf)