Madiun – Rangkaian Kunjungan Kerja Walikota Madiun di 27 Kelurahan se-Kota Madiun ditutup dengan kunjungan ke Kelurahan Manisrejo, Selasa (5/12/2017) Disetiap kunjungannya, Walikota Sugeng Rismiyanto selalu menjabarkan awal pembangunan sampai pertanggung jawaban pembangunan sesuai dengan tugasnya menjadi Walikota Madiun. Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto mengatakan semua permasalahan pembangunan yang ada di Kelurahan Manisrejo dan Kota Madiun pada umumnya tidak bisa diselesaikan oleh orang lain. “Yang bisa menyelesaikan masalah pembangunan di kelurahan manisrejo ya warga dari Kelurahan Manisrejo dan umum nya kota madiun ya warga masyarakat Kota Madiun sendiri-sendiri,” tegas Sugeng.

Sebagai Walikota, lanjutnya, sudah menjadi tanggung jawabnya untuk mempertanggung-jawabkan kinerjanya kepada masyarakat, karena semua pembanguan yang dilaksanakan di Kota Madiun adalah dari usulan langsung dari masyarakat. “Di tahun ini saya juga mempertanggung jawabkan APBD 2016 yang paling lambat di bulan Juni kalau ada sisa anggaran ditahun 2016 harus dihabiskan ditahun 2017 yang namanya PAPBD atau PAK,” tutur Walikota dengan gaya khasnya.

Selain itu proses pembangunan tidak bisa dilaksanakan secara mendadak, harus melalui tahap, waktu dan aturan. Jika ada program pembangunan yang tidak sesuai dengan APBD yang ditetapkan, berarti ada penyusupan APBD. Karena disetiap-setiap kelurahan-kelurahan yang saya kunjungi selalu meminta sekarang dan langsung direalisasikan di tahun 2018 berarti tidak sesuai dengan apa yang dirumuskan dari Musrenbang kemarin,

Oleh karenanya Walikota mengajak untuk menyusun APBD melalui musrenbang dalam upaya membangun masyarakat dan negeri ini secara bermartabat. Pembangunan Kota Madiun bagian dari integral dari pembangunan Provinsi dan Nasional, sehingga Pemerintah Kota Madiun tidak bisa senaknya membangun kalau tidak masyarakatnya sendiri yang mengusulkan melalui musrenbang. “Saya (Walikota), tidak bisa membangun kalau tidak ada usulan dari masyarakat, tetapi yang diutamakan adalah prioritas pembangunan sesuai dengan visi misi,” tandasnya. (Kmf)