Madiun – Hari terakhir kunjungan kerja Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto bersama perangkat daerahnya, menyapa warga Kelurahan Pandean, Selasa (5/12/2017). Dalam arahannya, Walikota mengatakan dalam perencanaan pembangunan Kota Madiun didasarkan pada RPJMD 2014 -2019. “Ga oleh mlayu teko iku (tidak boleh lari dari RJMD) mutlak harus berdasarkan RPJMD,” tegas Walikota. Ada 6 pogram RPJMD 2014 – 2019, lanjutnya, yakni peningkatan kapasitas pendidikan, peningkatan fasilitas kesehatan, peningkatan daya saing ekonomi daerah, percepatan penanggulangan kemiskinan, peningkatan pelayanan publik dan yang terakhir peningkatan infrastruktur sanitasi dan peningkatan kapasitas lingkungan hidup. “Pembangunan di Kelurahan ini merupakan pembangunan terintegrasi dan bagian integral pembangunan di Kota Madiun, begitu pula pembangunan di Kota Madiun bagian pembangunan terintegrasi dan bagian integral di pembangunan Provinsi Jawa Timur, ini dimaksudkan semua ingin menjadikan manusia yang bermartabat dan pembangunan yang berkeadilan sosial,” tutur mantan dosen ini.

Selain itu untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan, Sugeng meminta RT RW serta Lurah untuk dapat memperhatikan pengangguran yang ada di lingkungannya, dengan menanyakan langsung apa yang dibutuhkan dan pelatihan apa saja yang diinginkan untuk kemudian dibawa ke Dinas Tenaga Kerja. Lebih lanjut Walikota juga menyampaikan untuk bidang pendidikan, Kota Madiun mempunyai prinsip tiap tahun memberikan beasiswa kepada 250 mahasiswa bagi putra putri Kota Madiun dari keluarga tidak mampu yang berprestasi. “SDM Kota Madiun harus ditingkatkan, maka rencanakan bila pembangunan manusia itu penting, data dan rencanakan pada Musrenbang,” ucap Sugeng Rismiyanto.

Tak luput Usaha Kecil Menengah juga menjadi sorotan Walikota Madiun, agar pihak kelurahan mendata jumlah UKM yang ada dan menganjurkan agar mendaftarkan usahanya ke Dinas Penanaman Modal PTSP Koperasi dan Usaha Mikro bagi yang belum memiliki ijin usaha. Agar kedepannya UKM yang ada jika membutuhkan modal usaha lebih mudah mendapatkan. Terkait Pilkada Tahun 2018, Sugeng berpesan agar masyarakat Kota Madiun mampu menjaga lingkungan dan daerahnya aman dan tertib serta selalu menjaga kondusifitas.