Select Page

“Apabila menjadi pemimpin, betul – betul hebat, karena dari awal sudah terbentuk karakter yang luar biasa seperti ini,” ungkap Maidi.

Madiun – Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi mengatakan, ketika seseorang dari awal sudah mendeklarasikan dirinya sebagai santri, maka orang tersebut akan meningkatkan cara pembelajarannya sehingga kualitas dari santri tersebut akan lebih bagus lagi. Dimana dengan kualitas yang bagus, lanjutnya, maka karakter bangsa sudah masuk melekat dalam diri santri tersebut. “Oleh karena itu, kedepan para santri harus diperhatikan dalam hal semua kegiatan,” papar mantan pengajar ini.

Maidi menyarankan, untuk mendukung kegiatan para santri ini, lembaga pendidikan khususnya sekolah keagamaan (madrasah/pondok pesantren) untuk dapat lebih dilengkapi fasilitasnya.
“Apabila fasilitasnya dipenuhi, tempat ibadahnya dipenuhi, perpustakaan dipenuhi, ini sudah nampak hasilnya profesional. Dan kalau sudah profesional maka itu berkarakter bagus dan apabila menjadi pemimpin, betul – betul hebat, karena dari awal sudah terbentuk karakter yang luar biasa seperti ini,” ungkap Maidi.

Ditanya upaya Pemerintah Kota Madiun untuk meningkatkan kualitas dari para santri, suami dari Ketua Umum Dharma Wanita Kota Madiun ini menyampaikan Pemerintah Kota Madiun akan menyelenggarakan lomba – lomba yang berhubungan dengan kegiatan santri selama ini. “Kami setiap tahun mengadakan lomba – lomba, apakah itu lomba kesenian hadrahnya, lomba adzan, lomba kaligrafi atau lomba dakwah dimana kami akan coba memfasilitasinya, sehingga akan diketahui hasil dari kegiatan – kegiatan santri yang ada di lembaganya, mana yang sebenarnya potensial mana yang berkualitas, dan yang berkualitas itu akan menjadi perhatian,” jelas Bapak Dua Anak ini.

Peringatan Hari Santri yang tahun ini memasuki tahun ketiga diselenggarakan secara meriah dengan menggelar Apel Hari Santri di Alun – Alun Kota Madiun dengan penerima apel Sekretaris Daerah Kota Madiun dan diikuti ratusan peserta apel yang terdiri dari Banser, guru TK, santri, pelajar MAN/MTS serta pelajar SMP se Kota Madiun, Senin (23/10/2017).

Untuk menunjukkan besarnya perjuangan para santri tanah air dalam menjaga negara ini, peserta apel disuguhkan teatrikal resolusi jihad oleh siswa siswa MAN 1 Kota Madiun yang menceritakan perjuangan santri pada resolusi jihad 22 oktober 1945 saat melawan penjajah. (Lelly/Luki/Kmf)