Madiun – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAZ) Kota Madiun melaksanakan pentasharufan alat kerja dan modal usaha Program Madiun Makmur Bina Usaha Dhuafa Mandiri (Bisafari)secara langsung kepada 59 orang, Rabu,(27/9), dan diserahkan langsung oleh Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto yang juga selaku Pembina dan Ketua Pelaksana di Ruang 13 Balaikota Madiun Bantuan tahap pertama ini berupa alat kerja sejumlah 59 unit yang sumber dananya dari Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Jatim dengan total Rp.98.175.000,- dan bantuan modal sebesar Rp. 500.000,- kepada masing-masing penerima manfaat Bisari dengan total Rp.29.500.000,-.

Selain pentasharufan juga dilaksanakan penyerahan SK UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Masjid kepada 12 pengurus masjid di Kota Madiun sebagai payung hukum legal sehingga kegiatan pungutan pada jema’ah masjid dan lingkungannya tidak dikaitkan sebagai pungli.

”kepada pengurus UPZ Selamat bergabung dengan keluarga besar BAZNAS Kota Madiun untuk menjalankan tugas dan fungsi,“ tuturnya.

Pemberian payung hukum yang jelas, maka keberadaan Unit Pengumpul Zakat dalam rangka pengumpulan zis yang ada dimasjid di Kota Madiun, meluruskan pentasharufan zis kepada 8 asnaf penerima zis. Lebih lanjut, Sugeng juga berpesan kepada penerima manfaat Bisafari dapat menerima bantuan tersebut dengan ikhlas, dimana akan memberikan berkah kepada usaha yang dijalankan.

“Jangan iri dengan yang lain, diterima dengan ikhlas karena bisa membawa berkah dalam usahanya,” pesan Walikota.

Selain itu Sugeng juga berharap setelah bantuan diberikan, diharapkan dapat dirawat dan dijaga, jangan sampai dijual kepada pihak lain, serta untuk mematuhi peraturan yang telah berjalan dalam berusaha.

“Kalau pedagang tertib dan tertata rapi, wisatawan lokal maupun luar daerah akan tertarik dengan Kota Madiun,” Kata Sugeng.

Dan kepada pengurus Baznas, Walikota memberikan pengarahan agar tetap monitoring dan pengawasan secara periodik. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Bank Jatim dan para mustahik yang telah menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS Kota Madiun. Untuk diketahui Program Bisafari bertujuan untuk membantu kebutuhan alat kerja dan modal usaha kepada mustahik ZIS serta memberikan dorongan peningkatan hasil usaha dan memberikan motivasi. (kmf)