Madiun- Penguatan program aparat Pemda Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Kota Madiun tahun 2017 melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Madiun dilaksanakan hari ini, Kamis (27/7) di ruang pertemuan Hotel Amaris Kota Madiun. Maksud dan tujuan kegiatan untuk memberi masukan kepada OPD terkait dalam meningkatkan kualitas permukiman tahun 2019 yang tertuang dalam rencana pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman di Kota Madiun. Kegiatan yang dihadiri oleh 20 OPD yang tergabung dalam Pokja merupakan tidak lanjut dari kegiatan sebelumnya dilakukan oleh masyarakat dalam menyusun dokumen terkait perumusan kawasan kumuh tahun 2015 s/d 2016 dengan melakukan musyawarah di masing masing kelurahan.

Mengacu 7 indikator yaitu Ketidakteraturan bangunan, ketersediaan jalan, drainase, sanitari, ketersediaan air bersih serta proteksi kebakaran diketahui ada 23 kawasan kumuh di Kota Madiun dalam 6 Kelurahan yang tersebar di wilayah Kota Madiun. Dilihat dari luasnya dalam 33.203 hektar wilayah Kota Madiun terdapat sekitar 2.84% kawasan kumuh dengan dominasi kumuh ringan

Soeko Dwi Handianto, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Madiun mengatakan program yang sudah ada di APBD ini segera diusulkan sehingga ke depan nya dapat diselesaikan sebelum tahun 2019. Harapannya masing-masing OPD terkait dapat melaksanakan berdasarkan Renja sehingga pencapaian program tersebut dapat dipercepat. (kmf)