Sekda Ajak Masyarakat Kontrol Pembangunan Kota Madiun

Madiun – Komitmen Pemerintah Kota Madiun untuk melakukan pembenahan pelayanan terus dilaksanakan. Termasuk salah satunya dalam hal pelayanan informasi mengenai perencanaan pembangunan Kota Madiun.

Mengingat hal tersebut Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Madiun menyelenggarakan Forum Kehumasan dan Jumpa Pers dengan tema keterbukaan informasi terkait perencanaan pembangunan Kota Madiun melalui perjanjian kinerja dan SIRUP, di Gedung Diklat hari ini, jumat (3/2).

Kegiatan ini selain sebagai peningkatan pelayanan informasi publik juga sebagai bentuk upaya transparansi atau keterbukaan informasi publik dalam perencanaan pembangunan Kota Madiun. Dengan adanya transparansi ini diharapkan masyarakat mampu berperan serta aktif dalam perencanaan pembangunan Kota Madiun.

Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi, yang pada kesempatan itu selain membuka juga sebagai narasumber menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Madiun membutuhkan segala aspirasi baik itu berupa kritik maupun saran dari masyarakatnya dalam melakukan pembangunan.

“Kami persilahkan masyarakat Kota Madiun baik itu dari warga, LSM maupun teman – teman pers untuk menyampaikan saran dan kritiknya mengenai pembangunan di Kota Madiun di forum – forum seperti ini,” kata Maidi saat menyampaikan paparannya.

Lebih lanjut Maidi mengatakan dengan adanya peran serta masyarakat dapat menjadi kontrol dalam pelaksanaan pembangunan. Hal tersebut tidak lain untuk mewujudkan Kota Madiun lebih baik lagi.

Masyarakat dapat mengetahui rencana pembangunan Kota Madiun dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP). Dari aplikasi tersebut masyarakat dapat mengetahui pengadaan barang dan jasa yang akan dilaksanakan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Madiun.

Selain itu masyarakat juga dapat mengetahui rencana kinerja di setiap OPD melalui perjanjian kinerja yang sudah disepakati oleh kepala OPD.

Gembong Kusdwiarto, selaku Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun dalam laporan panitia menyampaikan forum kehumasan dan jumpa pers ini merupakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk menciptakan sinergitas dalam pelaksanaan pembangunan dengan melibatkan peran serta masyarakat dan insan media.

Kegiatan ini dihadiri 180 undangan yang terdiri dari Ketua DPRD Kota Madiun, perwakilan dari seluruh Kepala OPD Kota Madiun, Kepala kelurahan dan kecamatan se Kota Madiun, LSM, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), LPMK dan rekan – rekan Pers yang ada di wilayah Kota Madiun. (Kmf)
Video: https://youtu.be/LAUbLR0Xl0U