Select Page

Madiun – Lingkungan yang bersih dan sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang, namun tidak semua orang sadar dan mau berusaha agar lingkungannya bersih dan sehat. Menyikapi hal tersebut, saat ini sudah ada Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang mengharuskan masyarakat agar sadar dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Berlatarbelakang hal tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun mengadakan Kegiatan Sosialisasi Penegakan Hukum Lingkungan Tahun 2017, pagi ini, Selasa (4/4), di Aula Pertemuan Kantor Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

Acara berlangsung mulai jam 9 pagi, dihadiri oleh Wakil Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto, Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi, perwakilan OPD, serta peserta sosialisasi sebanyak 100 orang yang berasal dari rumah sakit, PLN, industri swasta maupun BUMN, serta para pelaku usaha yang ada di Kota Madiun.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun, Suwarno, dalam laporannya menyatakan, bahwa dengan diadakannya acara ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kesadaran masyarakat akan kelestarian lingkungan, menghindari praktik-praktik ilegal berkaitan dengan lingkungan, serta meningkatkan kualitas lingkungan di Kota Madiun.

Sementara itu Wakil Walikota Madiun yang pada kesempatan itu membuka acara, memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara atas terselenggaranya acara ini.

“Baru kali ini ada di Kota Madiun, acara yang pesertanya berimbang antara peserta dari pelaku usaha dan dari perangkat daerah”, Sanjung Sugeng. Lebih lanjut Sugeng juga mengharapkan pembangunan di Kota Madiun tidak akan menimbulkan dampak negatif sosial, ekonomi, maupun fisik.  “Dalam upaya pengendalian lingkungan, jangan sampai pemkot yang menerbitkan izin, maupun pengusaha yang mendapatkan izin pembangunan, berhadapan dengan hukum, karena menyalahi aturan yang telah ditetapkan Undang-undang,” tekan Wawali. Selain itu, Wawali juga menekankan kepada pelaku usaha dan masyarakat agar dalam pengurusan izin, supaya langsung datang ke OPD teknis, tidak perlu datang ke wawali terlebih dahulu.

Sosialisasi ini menghadirkan dua narasumber ahli yakni dari Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Huda Hari Pantjoro, yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Penataan Lingkungan, dan dari Polres Madiun Kota, Logos Bintoro, Kasatreskrim Polresta Madiun.

Huda Hari menyampaikan materi yang berkaitan dengan masalah lingkungan, pengawasan lingkungan hidup di Jawa Timur, kewajiban pemegang izin lingkungan, serta penegakan hukum lingkungan beserta sanksi pelanggaran hukum lingkungan.

Sedangkan Logos Bintoro, lebih menekankan pada ancaman pidana serta contoh kasus yang terjadi di wilayah Kota Madiun, berkaitan dengan pelanggaran Undang-undang Lingkungan Hidup. Acara ini berakhir dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber maupun dengan DLH Kota Madiun sendiri. (kmf)