Select Page

Madiun – Sebagai salah satu perangkat daerah milik pemerintah, tidak bisa dipungkiri bahwa peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sangat penting untuk memelihara ketentraman dan ketertiban umum.

Dalam rangka menyemarakkan hari jadinya yaitu peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Madiun ke 67, Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) kota Madiun ke 55, dan Pemadam Kebakaran (Damkar) kota Madiun ke 98 tahun 2017, Satpol PP Kota Madiun mengadakan serangkaian acara yang meliputi bakti sosial dengan melakukan kerja bakti masal, apel peringatan, hingga jalan sehat.

Kegiatan bakti sosial dengan melakukan kerja bakti masal dilakukan pada hari Sabtu (1/4) dengan spesifikasi 3 titik dari 3 kecamatan di kota Madiun yaitu kecamatan Taman dengan mengambil lokasi di sekitar bundaran kecamatan Taman, lingkungan sekitar Kecamatan Manguharjo, dan lingkungan sekitar Kecamatan Kartoharjo.

Anggota yang dikerahkan dalam kerja bakti masal ini adalah seluruh anggota Satpol PP dan juga Satlinmas se Kota Madiun. Sebelum kegiatan kerja bakti dimulai, anggota berkumpul di masing-masing wilayah kecamatan kemudian lanjut menuju sasaran yang telah ditentukan oleh masing-masing kecamatan.

Berdasarkan hasil wawancara, Kepala Satpol PP kota Madiun, Sunardi Nurcahyono, menjelaskan salah satu tujuan dari diadakannya kerja bakti masal ini adalah untuk ikut mendukung dalam rangka kebersihan kota.

“Kita melakukan pembersihan dibeberapa titik dari 3 (tiga) kecamatan di kota Madiun sehingga diharapkan kota menjadi bersih dan indah”,ujar Nardi.

Selain itu, Nardi juga menambahkan bahwa terkait dengan pembagian 3 titik pengadaan kerja bakti masal, pihak Satpol PP melibatkan camat untuk berkoordinasi.

“Untuk spesifikasi 3 titik pengadaan bakti sosial diserahkan kepada masing-masing camat dengan melakukan koordinasi dengan 3 camat baik dari Kecamatan Kartoharjo, Kecamatan Manguharjo, dan Kecamatan Taman”, tambah Nardi.

Mengenai harapan saat disinggung, Nardi juga mengungkapkan kedepan dengan bertambah usianya Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar adalah menjadi satuan yang profesional dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

“Dengan kita memperingati hari jadi Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar diharapkan sebagai momentum bagaimana untuk menciptakan kita selaku anggota Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar menjadi satuan yang profesional dalam melaksanakan tugas dan sebagai anggota perlindungan masyarakat yang siap siaga dalam membantu menjaga keamanan, mendukung kegiatan pemerintah dalam rangka untuk melakukan penyelenggaraan ketertiban dan mencegah adanya bahaya-bahaya kebakaran dan terkait dengan bencana”,ungkap Nardi.

Selain mengadakan acara kerja bakti masal, rangkaian acara pada peringatan ini meliputi upacara HUT Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar pada hari Senin 3 Maret 2017 pukul 07.00 WIB bertempat di halaman depan Balaikota Madiun dan akan diadakan acara jalan sehat yang akan dilaksanakan pada hari jumat 7 April 2017 dengan peserta OPD kota Madiun, Forkopimda, anggota Satpol PP dan keluarga, Satlinmas se-kota Madiun dan keluarga, Damkar dan keluarga, relawan Damkar dan keluarga.

Rencananya acara jalan santai jumat mendatang akan mengambil rute Balaikota Selatan, Perempatan Tugu ke timur, Jl. Pangsut, Jl. dr Soetomo, Jl. Jawa, Jl. Pahlawan dan mengambil finish kembali ke Balaikota Madiun. (Kmf)