Select Page

Madiun – Sebagai bentuk penyamaan persepsi mengenai standar harga khususnya kegiatan konstruksi, maka Pemkot Madiun melalui Bagian Administrasi Pembangunan hari ini, Jumat (6/10) telah dilaksanakan penyusunan Standar Satuan Kebutuhan Analisa Harga Satuan Kegiatan Konstruksi tahun anggaran 2018 di Ruang 13 dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Maidi.

Hadir juga dalam kegiatan ini Asisten Administrasi dan Pemerintahan Umum, Andriono Waskito Murti, beserta Tim dari Unair selaku Konsultan dan beberapa Kepala OPD yang tergabung sebagai Tim perumus standart harga 2018. Standar Harga Satuan Barang merupakan standar atau pedoman yang berisi jenis barang dan standar harga satuan barang yang digunakan untuk penyusunan RKA/DPA pada semua SKPD dalam satu tahun anggaran di lingkungan Pemerintah Kota Madiun.

Dengan adanya Standar Harga Satuan Barang ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi SKPD sehingga mempermudah dalam perencanaan pekerjaan atau kegiatan dalam proses penyusunan anggaran, mendorong SKPD untuk lebih selektif mengalokasikan anggaran serta bagi Tim Anggaran Pemerintah Daerah, serta mempermudah melakukan evaluasi anggaran yang telah diusulkan oleh masing-masing SKPD.

andriono menyampaikan bahwa standar harga ini sebagai pedoman perencanaan saja bukan sebagai realisasi .

“Tolong dicermati bahwa harga satuan kebutuhan barang strandart dan konstruksi ini hanya sebagai pedoman penyusunan dalam perjalanan bukan sebagai realisasi,” tegasnya.

Sementara itu, menurut Maidi ada evaluasi dari hasil strandar harga tahun 2017 yang telah dilaksanakan, kualitas kegiatan jika tidak melihat spek dan pengawasan yang maksimal serta kurang bagus akan menjadi masalah. “Jangan coba2 memberi peluang kepada pemborong karena akan menimbulkan masalah dibelakang,” tutupnya. (kmf)