Select Page

Madiun – Berakhirnya Kontrak Sewa Plaza Lawu atau yang lebih dikenal Plaza Sri Ratu Agustus 2006 lalu maka secara tidak langsung Pengelolaan kembali dan menjadi aset Pemerintah Kota Madiun. Menindaklanjutinya, kemarin Senin (2/10) BPKAD Kota Madiun menggelar seleksi calon pengelola atau mitra kerjasama atas kontrak sewa Plaza Lawu tersebut yang dihadiri 3 mitra calon pengelola bangunan pusat perbelanjaan yang berada di jalan pahlawan tersebut di ruang rapat BPKAD Kota Madiun. Diinformasikan sebelumnya telah dilaksanakan tahapan tahapan seleksi kualifikasi dimana dari 5 investor menjadi 3 calon yang pada hari ini sudah mengajukan penawaran dan presentasi.

Adapun 3 calon pengelola tersebut yaitu PT Sekawan Triarsa, PT Sri Tanaya, PT Samudra sukses mandiri. Ada tujuh bobot kriteria penilaian yang diterapkan dalam memilih investor yaitu rencana induk pengembangan, kontribusi tetap tiap tahun, ketersediaan dana, jangka waktu kerjasama, pengelolaan, provit sharing tiap tahun, realisasi investasi, serta serapan tenaga kerja. Dan pada hari ini, Rabu (4/10) telah ditentukan pemenang dari lelang tersebut yakni PT Sri Tanaya. Dari pengumuman lelang, ada tempo satu minggu untuk masa sanggah dari peserta lelang yang lain sampai pada tanggal 11 Oktober setalah itu nanti dibahas KSP (Kerja Sama Pemanfaatan) oleh TIM sendiri khusus terkait dengan prosesnya,” ungkap Sidik Muktiaji Kabid Akuntansi dan Aset BPKAD Kota Madiun.

Lanjutnya, setelah masa sanggah selesai nanti yang bekerja panitia bersama Tim Kerja Sama Pemanfaatan yang diketuai oleh Sekretaris Daerah dan akan membahas hak dan kewajiban pemenang lelang. Dimana diantaranya nilai investasinya 31 Milyard dan kontribusi tetapnya 1 ¼ Milyard kemudian profit sharenya 7,5% per tahun minimal harus menyerap tenaga kerja dengan total 674 tenaga kerja yang diserap. “Investasi 31 M harus diwujudkan selambat-lambatnya 2 tahun, tetapi kalau lebih dari 2 tahun nanti tetap ada sangsi yang diberikan kepada pengembang,” tandasnya. Kontrak sewa Plaza Lawu ini berlaku selama 30 tahun. (kmf)