Select Page

Pasuruan – Ajang tahunan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Timur ke 27 Tahun 2017 ini digelar Senin malam (2/10), di Pandaan Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Ketua LPTQ Provinsi Jawa Timur, Samsul Bahri mengatakan bahwa pekan MTQ ini akan digelar dari tanggal 1 sampai dengan 8 oktober mendatang dengan 7 macam atau golongan yang akan dilombakan diantaranya tilawah, hifdil, tafsir, fahmil, syahril, khatil, dan musabaqah makalah. Adapun peserta MTQ tahun 2017 yang mengambil tema memperkokoh harmonisasi sosial dalam wadah NKRI ini sebanyak 1682 orang dimana 1132 orang peserta MTQ, 261 official, 61 pembina dan 228 pendamping.

Rangkaian acara pawai taaruf dan pameran produk unggulan juga digelar sebagai upaya lebih memeriahkan lagi gelaran MTQ ini. Adapun untuk perhakiman MTQ ke 27 tahun 2017 terdiri dari 117 orang yang meliputi 99 dewan hakim, 11 sekretaris, 5 pengawas, dan 2 koodinator. Selain itu MTQ ke 27 tahun 2017 menyesuaikan perkembangan jaman dengan memasukkan teknologi informasi didalam pelaksanaanya yakni pendaftaran secara online, absensi serta verifikasi peserta dengan fingerprint, secara streaming setiap pelaksanaannya sehingga masyarakat dimanapun berada dapat mengakses secara live di web LPTQ. Soekarwo, Gubernur Jawa Timur saat membuka acara di Taman Chandra Wilwatikta Kabupaten Pasuruan, senin (2/10) malam menyampaikan bahwa tema ini sejalan dengan konsep negara yang dibangun dengan falsafah sila yang menyinari atau kausa prima Ketuhanan Yang Maha Esa. “Konsep itu yang menjadikan dasar bahwa ulama kita tidak saja ukhuwah islamiyah, namun juga ukhuwah watoniyah dan ukhuwah basariyah,” tuturnya.

Tamu undangan diantaranya Wakil Gubernur Jawa Timur, Gus Ipul, Forkopinda Jawa Timur, Kepala Daerah, Ketua DPRD, serta Sekretaris Daerah se wilayah Jawa Timur. Untuk Kota Madiun hadir pada acara ini Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto, Ketua DPRD Kota Madiun, Istono beserta istri, Dan Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi beserta istri. Ribuan pelajar dan masyarakat kabupaten Pasuruan juga turut hadir memeriahkan pembukaan MTQ tahun 2017 ini Sugeng menyampaikan harapannya agar Kafilah Kota Madiun dapat memberikan penampilan yang terbaik sehingga dapat mengharumkan nama Kota Madiun itu sendiri. Untuk diketahui Kota Madiun tahun 2017 ini mengirimkan kafilah MTQ sebanyak 25 orang yang terdiri dari Musabaqah, penterjemah, Qori Qoriah, dan Khattil Al Quran. (kmf)