Select Page

Madiun – Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang baik, akan menjadi mitra pemerintah dalam penataan keindahan kota, penyediaan lapangan kerja, serta pendorong ekonomi rakyat. Dari data resmi database Dinas Perdagangan Kota Madiun terdapat 925 PKL yang tergabung dalam 25 paguyuban se-Kota Madiun. Mulai tahun anggaran 2018, pemerintah kota Madiun akan melaksanakan penataan PKL dengan lebih serius, dan dengan dukungan anggaran yang cukup besar, sehingga PKL di Kota Madiun bisa sejajar dengan kota-kota lain yang sudah tertata rapi PKL-nya.

Dinas Perdagangan, senantiasa berupaya melaksanakan pembinaan PKL sebagai langkah awal menuju PKL yang tertata, salah satunya adalah dengan Kegiatan Pembinaan Pedagang Kaki Lima di Kota Madiun, yang diselenggarakan di Gedung Diklat, Jalan Duku, Kota Madiun, Rabu (27/9). Acara yang dihadiri oleh sekitar 200 PKL ini, dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun, Gaguk Hariyono dan dihadiri pula oleh Kepala Satpol PP Kota Madiun, Sunaryadi, sebagai pembicara pertama dan Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi, sebagai pembicara kedua.

Gaguk Hariyono menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kewajiban PKL yang harus dipatuhi. Sambil membawa contoh Kartu Tanda Daftar Usaha (KTDU), Gaguk Hariyono berpesan, ”KTDU yang Bapak Ibu peroleh, jangan sampai dijual kepada pihak lain, dan berlaku selama 2 tahun,” wantinya. Sementara itu Kasatpol PP Kota Madiun, sebagai menyampaikan tentang Penataan Pedagang Kaki Lima di Kota Madiun, mulai dari definisi PKL, prinsip PKL, kewajiban PKL, dan larangan bagi PKL. Dalam acara ini juga dilaksanakan penyerahan secara simbolis KTDU oleh Maidi kepada 4 orang PKL yang mewakili 49 orang PKL penerima KTDU, sebagai tanda bahwa mereka terdaftar resmi dalam data PKL Pemerintah Kota Madiun.

Maidi, dalam paparannya, menyampaikan materi berkaitan dengan prioritas pembangunan di kota Madiun, perkembangan UMKM, sebab timbulnya PKL, PKL saat ini, PKL yang diinginkan pemerintah kota, dan sekilas tentang rusunawa yang akan dibangun di Jalan Manis Raya Kelurahan Nambangan Lor Kota Madiun. Maidi juga Dalam paparannya juga menayangkan berbagai foto PKL di kota lain serta di luar negeri sebagai gambaran PKL ideal. (kmf)