Select Page

Madiun – Saat ini pola hidup sehat menjadi gaya hidup masyarakat. Kota Sehat merupakan suatu kondisi kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto menyampaikan pada pelaksanaannya Kota Sehat diwujudkan dengan menyelenggarakan semua program yang ada di daerah tersebut dengan berlandaskan pada
Pembangunan yang berwawasan kesehatan.
Lanjutnya, Pembangunan kesehatan disini adalah satu keniscayaan di sebuah Negara, propinsi termasuk Kota dan Kabupaten, karena pembangunan baik secara langsung dan tidak langsung ketika menyangkut manusia maka disebut pembangunan berorientasi pada wawasan kesehatan.

Menurut Sugeng saat menerima tim verifikasi Kota Sehat tingkat nasional tahun 2017 di Sun Hotel Madiun tadi malam (12/09), Kota sehat adalah merupakan hunian yang layak bagi masyarakat yang ada di suatu daerah dengan kriteria bersih, nyaman, aman dan sehat. Selain itu adanya keteraturan yang baik, khususnya pengorganisasian dalam sebuah lembaga, karena kelembagaan yang baik akan memiliki tanggung jawab dan berpedoman pada budaya hidup sehat. “Kita harus pegang 3K, Komunikasi koordinasi dan konsolidasi,” imbuhnya. Sementara itu ketua Tim verifikasi Kota sehat, Kusmiyatiningsih mengatakan bahwa tujuan penilaian kota sehat adalah untuk mewujudkan kota yang aman, bersih dan sehat melalui berbagai pemberdayaan masyarakat yang difasilitasi dari pemerintah kab/kota secara berkesinambungan.

“Kami berharap Kota Madiun mendapat penghargaan swasti saba wistara,” harap Kusmiyatiningsih. Turut hadir dalam acara ini Ketua DPRD Kota Madiun, Istono, selaku Ketua Forum Kota Sehat Kota Madiun, anggota forum kota sehat di kelurahan, Tim Pembina Kota Sehat Kota Madiun, dan segenap kepala OPD dan Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Madiun.