Select Page

Pasuruan – Sebagai agen informasi sekaligus penyambung informasi dari pemerintah ke masyarakat begitupun sebaliknya, anggota Kelompok Informasi Masyarakat atau yang lebih akrab dengan singkatan KIM harus berbekal kecermatan dan kecerdikan dalam menerima serta memberikan suatu informasi.

Atas dasar tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur mengadakan Grand Final Lomba Cerdik Cermat dan Komunikatif (LCCK) tingkat Provinsi Jawa Timur, hari ini, senin (11/9). Acara tersebut juga termasuk dalam salah satu rangkaian acara Pekan KIM IX Provinsi Jawa Timur di Taman Chandra Wilwatikta, Kabupaten Pasuruan. Sebagai informasi Pekan KIM merupakan agenda dua tahunan dan di Indonesia hanya dilaksanakan oleh Provinsi Jawa Timur.

Grand Final Lomba LCCK IX tahun ini diikuti oleh empat peserta yang merupakan juara I Lomba LCCK tingkat bakorwil se-Jawa Timur yang telah dilaksanakan di masing – masing bakorwil pada tahun sebelumnya. Masing – masing peserta tersebut diantaranya KIM Citra Taruna Kenanga dari Kota Madiun mewakili Bakorwil Madiun, KIM Mojo dari Kota Surabaya mewakili Bakorwil Surabaya, KIM Tretes Taman Wisata Tretes dari Kabupaten Pasuruan mewakili Bakorwil Malang serta KIM Sendang Potro dari Bojonegoro mewakili Bakorwil Bojonegoro.

Untuk diketahui tahun lalu KIM Citra Taruna Kenanga yang juga merupakan KIM dari Kelurahan Winongo, Kecamatan Manguharjo terpilih menjadi Juara I LCCK tingkat Bakorwil Madiun setelah menyisihkan 2 KIM lainnya yaitu KIM dari Kabupaten Nganjuk dan KIM dari Kabupaten Blitar pada Grand FInal LCCK tingkat Bakorwil Madiun.

Kepala Bakorwil Malang membuka langsung lomba yang terdiri dari empat babak yaitu Babak Pengenalan KIM, Babak Presentasi Blog, Babak Cerdas Cerdik dan yang terakhir Babak Fragmen. Penilaian ditentukan oleh tiga juri dan setiap peserta diwakili oleh tiga orang, dimana untuk KIM Citra Taruna Kenanga diwakili oleh Agus Wijanarko, Heri dan Anis.

Pada sesi Babak Fragmen, KIM Citra Taruna Kencana menyuguhkan fragmen yang berjudul Penthul Tembem. Berdasarkan hasil penilaian keseluruhan lomba, KIM Citra Taruna Kenanga mendapatkan nilai sebesar 233,2 dan keluar menjadi juara II hanya terpaut 5 point dari KIM Mojo dari Kota Surabaya.

Ditemui setelah acara, Ketua KIM Citra Taruna Kenanga, Agus Wijanarko mengatakan KIM Citra Taruna Kenanga mempunyai semboyan Informatif, Komunikatif dan Peduli Masyarakat yang diambil dari kepedulian kami terhadap masyarakat di Kelurahan Winongo yang tersaji dalam informasi.

Sementara itu Teguh Sudarianto, Camat Manguharjo yang berkesempatan hadir menyampaikan selamat atas prestasi KIM Citra Taruna Kenanga. “Selamat atas prestasi yang diraih semoga menjadi wadah informasi yang bisa mencerdaskan masyarakat,” tuturnya. Turut hadir perwakilan dari beberapa BAKORWIL yang ada di Jawa Timur, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur dan para supporter KIM yang bertanding. (kmf)