Select Page

Madiun – Sebagai kota GADIS (Perdagangan, Pendidikan dan Industri) dan sudah memiliki beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta diperlukan adanya adanya kreativitas dan inovasi pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum. Selain itu sejalan dengan perkembangan teknologi di era globalisasi, maka Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun menyelenggarakan acara Lomba Cipta Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang memperebutkan tropi Walikota Madiun serta uang pembinaan. Pendaftaran lomba ini sudah dibuka sejak pertengahan Juli kemarin mendapatkan 21 pendaftar dari semua kategori. Dan dari 21 kelompok yang mendaftar disaring menjadi 6 kelompok dari berbagai kategori.

Sehubungan hal itu, hari ini Rabu (6/9) bertempat di Aula Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun digelar penilaian final dan pengumuman juara serta penyerahan hadiah yang langsung diserahkan oleh Walikota Madiun Sugeng Rismiyanto. Sugeng Rismiyanto mengucapkan selamat serta menyerahkan tropi dan uang pembinaan secara simbolis kepada pemenang. “Selamat kepada pemenang, jangan cepat puas dengan hasil yang telah dicapai,” Tuturnya sambil menyemangati pemenang lomba.

Untuk diketahui Lomba ini diselenggarakan sebagai tuntutan guna mengembangkan TTG agar masyarakat Kota Madiun dan pelajar pada khususnya mengikuti dan menerapkan kepada masyarakat. “Pengembangan TTG adalah tuntutan bagi kita semua termasuk Pemerintah Kota Madiun dimana diharapkan mampu memicu masyarakat Kota Madiun untuk berkreatif memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang,” Ujar Sugeng. Teknologi yang dilombakan adalah teknologi yang efisen dan efektif yang bergerak dibidang produksi dan punya manfaat, dengan harapan bila dijual kembali maka harga jualnya terjangkau serta dapat digunakan oleh masyarakat.

“Untuk evaluasi tahun depan untuk SMP dikategorikan sendiri, karena tingkat ilmunya berbeda-beda. Tapi kita (Pemkot) tetap memberi ruang kepada pelajar karena mereka (pelajar) memiliki potensi untuk waktu yang akan datang sehingga nantinya dapat mereka kembangkan,” harapnya.

Sebagai juara dalam kategori Kelompok SMP/ SMA, Juara I Nur cahyo Ihsan P. dan Bagus Seyo N dari SMAN 1 Madiun dengan alat Teknologi Rumah Modern, Juara II Alqis Bahna dan Novendra Ilham dari SMAN 1 Madiun dengan alat Banglai (Lubang Kedelai), Juara III Nimas Safira W.W. dan Difa Inggrayuwana dari SMAN 2 Madiun dengan alat Otomatisasi Sirkulasi Udara. Sedangkan dari Kelompok Perguruan Tinggi/Masyarakat Juara I Krisna Bayu Ardianto dan Mohamad Hamdan S dari Politeknik Negeri Madiun dengan alat Monitoring Kualitas Air Danau Berbasi Web, Juara II Rudi Pratama dan Annas Kautsar Ramadhani dari UNIPMA dengan alat Teman Bebas (Sistem Keamanan Kendaraan Berbasis Smartphone) dan unutk juara II Wahyu Setiawan dan Dimas Wahyu dari Politeknik Negeri Madiun dengan alat Biogas Berbasis Kemandirian Energi. (Kmf)