Select Page

Madiun – Wakil Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto, hari ini, Kamis (23/2), hadir sebagai narasumber dari kegiatan Sosialisasi Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial dengan tema Pengejawantahan Nilai-nilai Pancasila Sebagai Filter Proses Akulturasi Budaya Global Dalam Membentuk Karakter Generasi Muda yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Bakesbangpol) Kota Madiun.

Dalam paparannya, Sugeng menjelaskan tentang pancasila sebagai ideologi bangsa dan penjabaran tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dari sila 1 (pertama) sampai sila ke 5 (lima).

“Manusia di Indonesia harus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam masing-masing sila pada Pancasila. Pancasila merupakan Hirarkis Piramidal yang artinya susunan sila pancasila bersifat hirarkis dan berbentuk piramidal”.

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan tentang maksud dari Hirarkis Piramidal pada Pancasila adalah sila yang disebut terlebih dulu memiliki kedudukan lebih tinggi daripada sila-sila yang disebut kemudian. Selain itu Sugeng juga menjelaskan bahwa sebelum Pancasila menjadi Ideologi Bangsa, Pancasila menjadi falsafah.

“Putra-Putri Bangsa harus bercermin pada sila-sila Pancasila untuk dijadikan pedoman dan landasan hidup dalam bertindak dan berperilaku. Pemerintah Kota Madiun juga bertanggung jawab untuk mendukung nilai-nilai Pancasila tersebut dengan memberikan beasiswa kepada pelajar kurang mampu dan berprestasi sebagai pemicu semangat dalam meraih cita-cita”, tutur Wawali di akhir paparannya.

Acara yang dibuka kemarin ini bertempat di Gedung Diklat, Jl. Duku Kota Madiun, dan diikuti oleh 5 (lima) SMA/ SMK Negeri maupun Swasta di kota Madiun yang meliputi SMAN 2 Madiun, SMK PGRI 2 Kota Madiun, SMK YP 17 Kota Madiun, SMA Cokro Aminoto Kota Madiun, dan SMK Cendekia Kota Madiun dengan perwakilan peserta kelas X (Sepuluh). (adt/ifh/kmf)