Select Page

Madiun – Ramadhan telah berlalu, Tiga puluh hari di bulan penuh pengampunan telah dilewati, Kini 1 Syawal sudah di depan, Hari kemenangan yang di tunggu tunggu sudah datang, di hari Fitri ini segala dosa dan kesalahan dimintakan pengampunan. Pemerintah melalui Kementerian Agama RI telah menggelar sidang Isbat dan memutuskan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H jatuh pada hari ini, Minggu (25/6). Untuk menyambutnya, Pemerintah Kota Madiun menggelar serangkaian acara seperti Takbir Keliling kendaraan roda 4, Sholat Idul Fitri bersama, dan Open House.

Kemarin, Sabtu (24/6) Wakil Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto bersama Forpimda Kota Madiun memberangkatkan Takbir Keliling kendaraan roda 4 di depan halaman Masjid Agung Baitul Hakim. Takbir Keliling Yang diikuti oleh 184 Peserta dari semua elemen masyarakat ini sebagai wadah bagi masyarakat Kota Madiun untuk merayakan dan memeriahkan malam hari raya Idul Fitri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, peserta takbir menampilkan berbagai keatifitasnya dengan kriteria penilaian antara lain tertib kendaraan, alunan takbir, iringan musik / bunyi bunyian, kerapian busana, keutuhan dan kekompakan peserta.

Sebagai Juara 1 Lomba Takbir Keliling diraih oleh MAN 2 Kota Madiun, Juara 2 diraih SMPN 2, Juara 3 diraih SMAN 5, Sedangkan Juata Harapan 1 diraih oleh SMPN 5, Juara Harapan 2 diraih SMAN 2 dan Juara harapan 3 diraih oleh SMAN 4 Kota Madiun.

Rute yang dilalui Takbir Keliling dimulai dari depan Masjid Agung Baitul Hakim – Jl. kol. Marhadi – ke barat, Jln. Gajah mada – Jl. Prambanan – Jl. Yos Sudarso – Jl. Basuki Rahmad – Jl. S. Parman – Jl. Imam bonjol – Jl. Slamet Riadi – Jl. Setia Budi – Jl. Tanjung manis – Jl. kelapa manis – Jl. DI. Panjaitan – tean – Jl. Soekarno Hatta – dan finish di depan pasar SLEKO Madiun.

Selain Takbir Keliling, Minggu (25/6), Sugeng Rismiyanto bersama Jajaran Kepala OPD Pemkot Madiun juga melaksanakan Sholat Idul Fitri bersama masyarakat dimasjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun.

Setelah pelaksanaan Sholat Ied, digelar Open House di rumah dinas Walikota Madiun. Dalam Open House pagi ini hadir juga Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi beserta keluarga dan Ketua DPRD Kota Madiun, Istono beserta keluarga. Wawali mengucapkan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1438 H, “Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Madiun mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1438 hijriah” ucap beliau saat mengawali membuka Open House. (kmf)