Select Page

Mataram – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dibentuk sebagai bagian percepatan pelaksanaan otonomi daerah dan menciptakan iklim yang kondusif bagi kerjasama antar pemerintah daerah. Berdasarkan hal tersebut, Kota Madiun yang tergabung dalam Komisi Wilayah IV APEKSI mengikuti Rapat Koordinasi/Musyawarah Komisi Wilayah IV di Mataram, kemarin, rabu (17/5).

Kota Madiun berada pada kepengurusan Komwil IV periode 2014 – 2017 bersama 12 Kota di Wilayah Provinsi Jawa Timur, Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam Rakor Komwil IV tersebut didapat rekomendasi yang meliputi rekomendasi eksternal yakni mendorong pemerintah untuk melakukan pembahasan terhadap revisi UU Nomer 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan UU Nomer 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah serta perundang-undangan lain yang berhubungan dengan pemerintah daerah. Sedangkan rekomendasi internal yakni pengembangan good governance partnership untuk meningkatkan kelangsungan organisasi melalui inovasi berbagai bentuk program dan kegiatan (kerjasama dengan pihak swasta, pelayanan pelatihan dan konsultasi). Perumusan rekomendasi tersebut dikaitkan dengan penyikapan permasalahan – permasalahan organisasi ditengah tuntutan global dewasa ini.

Rangkaian Rakor ini diantaranya ditetapkan tempat penyelenggaraan Rakor Komwil IV APEKSI ke-14 Tahun 2018 mendatang yakni di Kota Batu, Jawa Timur. Dan juga ditetapkan kepengurusan baru periode 2017 – 2020 yakni dibawah kepengurusan Pemerintah Kota Batu dan Pemerintah Kota Mataram. Dibentuknya kepengurusan baru secara otomatis dalam Rakor ini juga menyusun program kerja periode 2017 – 2020.

Dalam pembahasan hal – hal diatas Rakor Komwil ini dibagi dalam 2 komisi yakni komisi A yang membahas organisasi dan permasalahannya, dan komisi B yang membahas program kerja dan rekomendasi. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Madiun, Maidi, berkesempatan sebagai pimpinan sidang pleno II.

Airin Rachmi Diany, Ketua Dewan Pengurus Pusat APEKSI saat ditemui di tempat terpisah menyampaikan terima kasih kepada Kota Madiun dan Kota Kupang yang telah berhasil melaksanakan tugasnya dalam kepengurusan APEKSI Komwil IV tahun 2014 – 2017.

“Dengan program kegiatan ini akan menghasilkan rekomendasi – rekomendasi dari masing – masing daerah yang akan disampaikan kepada pemerintah pusat.” Katanya. Lebih lanjut, Airin mengatakan dengan adanya kepengurusan baru ini, apa yang akan dilaksanakan diharapkan mampu bisa memberikan pelayanan yang lebih baik.

Dalam Rakor ini juga diberikan kenang – kenangan kepada Staf Ahli Mendagri Bidang Pemerintahan, H. Suhajar Diantoro, Ketua dan Pengurus APEKSI, Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Walikota Mataram. Serta disampaikan laporan ketua Komwil IV APEKSI oleh Jonas Salean, Walikota Kupang. Hadir pada kesempatan itu H. Rosyadi Sayuti, Sekretaris Daerah Provinsi NTB. (kmf)