Select Page


Madiun – Kota Madiun sebagai bagian yang tak terpisah dari Provinsi Jawa Timur terdiri dari 3 Kecamatan dan 27 Kelurahan, serta memiliki luas 33,23km². Pembangunan yang berjalan di Kota Madiun merupakan perwujudan dari Nawacita dari Presiden Joko Widodo. Berdasarkan hal tersebut, Kota Madiun turut berpartisipasi dalam perlombaan Desa/Kelurahan. Dimana dari hasil penilaian didapat salah satu kelurahan di Kota Madiun lolos seleksi administrasi untuk Perlombaan Desa/Kelurahan di tingkat Provinsi Jawa Timur yaitu Kelurahan Manguharjo. Sehingga layak menjadi salah satu peserta yang dinilai dan diperhitungkan. Kelurahan Manguharjo masuk penilaian dalam Penilaian Regional II yang menglingkupi wilayah dari Provinsi Jawa Timur dan Provinsi Bali.

Rombongan Tim Penilai dari Jawa Timur tiba pada pagi tadi, Senin (15/5) dan disambut langsung oleh Wakil Walikota, Sugeng Rismiyanto, di kantor Kelurahan Manguharjo, Kecamatan Manguharjo Kota Madiun . Sugeng menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Tim Penilaian Lapang Perlombaan Desa/Kelurahan di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Lebih lanjut, Sugeng memaparkan kepada tim penilai bahwa dalam RPJMD Kota Madiun pembangunan diprioritaskan dalam pembangunan kesehatan, pendidikan, pelayanan optimal publik, peningkatan daya saing ekonomi, pembangunan infrastruktur, dan pembangunan yang berwawasan lingkungan yang mungkin nanti akan dinilai oleh Tim Penilai dari Provinsi Jawa Timur.

“RPJMD Kota Madiun tahun 2014 sampai dengan 2019 menetapkan skala prioritas (pembangunan) dibidang kesehatan, pendidikan, pelayanan optimal publik, peningkatan daya saing ekonomi, pembangunan infrastruktur, dan pembangunan yang berwawasan lingkungan.” Paparnya

Sugeng juga menyampaikan dalam membangun sesuatu wilayah berdasarkan kepada budaya yang ada.

“Harapan tinggi di dalam perlombaan ini adalah dapat masuk di tingkat lebih lanjut dan besar harapan Kota Madiun untuk menjadi juara ditingkat Nasional.” Harap Sugeng disaat menerima Tim Penilai.

Kota Madiun ada ditingkat regional II yang memiliki great nilai yang berbeda dengan provinsi yang diluar Jawa maupun Provinsi yang baru.

“Kalau bisa juara kenapa tidak” Tegas wawali.

Sementara itu, Hari Suseno, Ketua Tim Penilai menyampaikan bahwa Kelurahan Manguharjo adalah kelurahan untuk Kota yang pertama dinilai oleh tim penilai, dan merupakan prestasi yang patut dibanggakan oleh Pemerintah Kota Madiun.

“Ini (Kelurahan Manguharjo) adalah Kelurahan pertama yang kami nilai dari 4 (empat) kelurahan Kota yang lolos administrasi untuk mengikuti perlombaan ini.” kata Hari yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Bidang Bina Pemerintah Desa.

Dari segi penilaian Hari memaparkan bahwa Kelurahan Manguharjo lolos dalam perlombaan ini untuk kategori kelurahan yang cepat berkembang. Ada 3 bidang yang dipaparkan oleh Lurah Manguhajo untuk dinilai oleh tim penilai, yaitu aspek Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, Bidang Bidang Kemasyarakatan. Tamu yang hadir diantaranya Sekretaris Daerah Kota Madiun, Maidi, Ketua DPRD Kota Madiun, Istono, Kepala OPD serta Camat Manguharjo dan Lurah se-Kecamatan Manguharjo, Tim Penggerak PKK Kota Madiun, Tim Penggerak PKK Kecamatan Manguharjo, Tim Penggerak PKK Kelurahan Manguharjo.(kmf)