TANGERANG – Rangkaian Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2018 berakhir. Puncak rangkaian ditutup apik melalui malam penghargaan Anugerah Media Humas (AMH) 2018. Penghargaan diberikan kepada daerah yang memiliki media kehumasan terbaik. 
“AMH ini dimaksudkan untuk memacu lembaga dan instansi baik ditataran pusat maupun daerah untuk semakin menjadi media kehumasan yang baik dan lebih baik lagi,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Kominfo Niken Widiastuti saat membuka AMH 2018 di balroom Novotel Tangerang, Selasa (4/12).

AMH 2018, kata dia, merupakan kali ke-13. Kegiatan rutin diselenggarakan setiap tahun. Dia berharap seluruh media humas lembaga dan instansi yang belum mendapat penghargaan tak berkecil hati. Terus memberikan yang terbaik dalam urusan penyebarluasan informasi. Ini penting karena semangat utama kehumasan tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya, dibidang informasi.

“Penghargaan bukanlah tujuan utama. Ini hanya sebagai bentuk apresiasi. Tetapi pelayanan kepada masyarakatlah yang harus diutamakan,” ujarnya.

AMH terbagi dalam sejumlah kategori. Setiap kategori dibagi dua kelompok. Kelompok A terdiri dari kementerian, lembaga, bumn, bumd, dan PTN. Sedang kelompok B terdiri dari pemerintah daerah, provinsi, kabupaten, dan kota. Berikut daftar peraih AMH 2018.

Kategori Penerbitan Media Internal
Kelompok A
1 Kementerian PUPR
2 Kementerian Keuangan 
3 Universitas Indonesia

Kelompok B
1 Provinsi DKI Jakarta 
2 Kota Surabaya
3 Dikominfo Provinsi Jawa Timur

Kategori Siaran Pers/Pemberitaan
Kelompok A
1 Kementerian Pariwisata 
2 Kementerian Pan RB
3 Kementerian PUPR

Kelompok B
1 Provinsi Jawa Barat 
2 Kabupaten Padang Pariaman
3 Diskominfo Kabupaten Kudus

Kategori Pelayanan Informasi Melalui Internet
Kelompok A
1 Kementerian Keuangan 
2 Universitas Padjajaran 
3 Komisi Yudisial

Kelompok B
1 Kota Tangerang 
2 Diskominfo Kabupaten Bojonegoro 
3 Kota Bandung

Kategori Media Sosial
Kelompok A
1 Kementerian Kelautan dan Perikanan 
2 Bank Indonesia 
3 ITB

Kelompok B
1 Kota Bandung
2 Kota Bekasi 
3 Kota Tangerang

Kepala Diskominfo Kota Madiun Subakri menyebut bakal kembali turut dalam gelaran berikutnya. Tentu dengan penampilan yang lebih baik lagi. Prinsipnya, informasi yang disajikan demi pelayanan kepada masyarakat.

AMH 2018 dimeriahkan penampilan T. Koes Band yang membawakan lagu-lagu lawas milik band legendaris Koes Plus. Selain itu, juga ada Citra Scholastika. Jebolan idol ini membawakan sejumlah lagu yang cukup membuat hadirin bersorak. (ws hendro/agi/diskominfo)

#100ThKotaMadiun
#KotaMadiunKarismatik